Seledri: sehat dan yummy


Berawal dari kesukaan suami dengan masakan yang ditambahkan banyak seledri, aku jadi tertarik untuk mengetahui khasiat dari daun yang dikenal dengan nama latin apium graveolens L ini. Usut punya usut, seledri ternyata diyakini mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, psoralen (zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker), vitamin A, C dan B1. Bijinya juga digunakan oleh tabib Ayurveda untuk mengobati demam, flu, masalah pencernaan, beberapa tipe arthritis, penyakit limpa dan hati. Berdasarkan penelitian, seledri mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Karena banyak mengandung Apiin dan substansi diureti, seledri mampu menambah jumlah air kencing. Tanaman ini juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Air perasan daun seledri juga dipercaya dapat menurunkan panas anak yang terserang demam.

Yang menarik dari tumbuhan cantik ini adalah manfaatnya yang berkaitan dengan kecantikan. Seledri sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan dan menjaga kesehatan rambut, terutama rambut anak kecil dari baru lahir hingga usia beberapa tahun. Selain itu, seledri juga baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya kerutan pada wajah, melarutkan lemak dan menurunkan berat badan, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, menjaga kelenturan dan kekencangan kulit dan menghilangkan bau mulut.

Jadi, kalo teman-teman hobi makan seledri, selamat mendapatkan manfaat kesehatan dari tanaman mungil tapi berkhasiat besar ini. Bagi yang tidak suka, cobalah untuk membiasakan menyantapnya.. Keep healthy..

13 komentar:

nuansapena 6 Januari 2010 08.49  

masakan kuah tanpa seledri, sepertinya kurang lengkap, apalagi bagus untuk ginjal!
Coba buat tahu isi yang didalamnya ada wortel, kecambah, seledri, udang, dan daun dewa pasti enak lain dari yang lain belum ada yang buat (resep rahasia)dan berkhasiat untuk kesehatan!

Penikmat Buku 6 Januari 2010 17.52  

wah khasiatnya luar biasa yah...beruntunglah saya yang juga menyukai seledri :P

Syifa Ahira 6 Januari 2010 18.05  

@nuansapena: resep menarik.. bisa jadi ide untuk masakin suami nich.. he he.. tq ya..
@sinta: yup.. betul.. betul.. betul..

akbar 6 Januari 2010 18.49  

Artikel mantap,salam kenal.

Elsa 7 Januari 2010 09.47  

wuiiih...soto pake banyak seledri, enak!!!
bakso pake seledri yang banyak, mantaaabs!!!!

ternyata emang berkhasiat ya. sip deh kalo gitu

Syifa Ahira 7 Januari 2010 11.03  

@akbar: salam kenal juga, sering2 mampir n komen yah?
@elsa: jadi laper nih.. :)

Sang Cerpenis bercerita 12 Januari 2010 11.05  

makan bubur ayam pake seledri enak banget. sop ayam pake selederi juga mantap. saya suka banget.

Syifa Ahira 12 Januari 2010 12.09  

@mba fanny: iya mba.. wueenakk banget tuh.. Top dah smua makanan plus seledri.. hehe.. (mang dasar saya tukang makan siy.. :)

ami 2 September 2013 08.16  

luar biasa sekali infonya sangat bermanfaat...
Saya berkunjung ke blog ini banyak pengetahuan yang saya dapatkan...
Terimakasih banyak atas informasinya
Semoga semakin sukses...

desi 2 September 2013 08.17  

Informasinya sangat bermanfaat sekali...
Banyak pengetahuan saya dapatkan setelah saya menyimak artikel di blog ini...
Ditunggu postingan selanjutnya...
Semoga semakin suksesnya....

egi 3 September 2013 16.17  

Informasinya ternyata sangat menarik dan sangat bermanfaat sekali...
Ternyata banyak sekali pengethaun yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini....
Terimakasih banyak infonya ...
Semoga semakin sukses

abdul syukur 28 September 2015 16.00  

OBAT GERD
OBAT ITP
OBAT MIOM AMPUH
SUPLEMEN UNTUK MATA
OBAT KONDILOMA
PENGOBATAN HERBAL ALAMI
OBAT ALAMI TERBAIK
OBAT HERBAL KISTA
OBAT KANKER SERVIKS
OBAT KEPUTIHAN
OBAT ANAK HERBAL

abdul syukur 9 Oktober 2015 14.13  

Thank you for all the information, hopefully with that we can get the useful knowledge, and hopefully the blog admin is always you in the grace of Allah SWT.
CARA MENGOBATI ITP
CARA MENYEMBUHKAN ITP
CARA CEPAT MENGOBATI ITP
OBAT PENYAKIT ITP
OBAT ALAMI ITP
OBAT ITP PADA ANAK
PENGOBATAN TERBAIK ITP

Posting Komentar

Ayo.. Ayo..
Kesan dan Pesan..
Uneg-uneg..
Silahkan dituangkan..
Jangan malu-malu.. ^_^